Utsman bin Affan Bersedekah Rp2,4 Triliun!

By in Kisah Muslim, Tokoh Muslim on September 23, 2014

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”


Kisah ini cerita seputar Perang Tabuk. Semua sahabat berlomba-lomba mencapai kesempurnaan di sisi Allah. Utsman bin Affan menyumbangkan hartanya senilai Rp2,4 triliun!

Seperti disebutkan sebelumnya, pada perang Tabuk 30.000 pasukan muslim harus berperang melawan 200.000 pasukan Romawi. Saat itulah Rasulullah SAW meminta tiap muslim untuk berkontribusi.

Para sahabat yang dianugrahi harta, berlomba-lomba menginfakkan hartanya untuk mendukung perjuangan. Mereka menyumbangkan harta, tenaga, bahkan jiwanya untuk kemenangan Islam.

Umar bin Khothob radhiallahu ‘anhu (RA) menyumbangkan setengah hartanya. ‘Perlombaan’ menuju kesempurnaan di sisi Allah pun berlangsung. Sahabat Ustam bin Affan pun menyumbangkan sepertiga hartanya.

Sejarah mencatat, Utsman adalah salah satu konglomerat di kalangan sahabat Nabi SAW. Hartanya berlimpah ruah. Maka, kendati jumlah yang disumbangkan ‘hanya’ sepertiga, nilainya sangat luar biasa.

Berapa harta Utsman bin Affan saat itu? Menantu Rasulullah SAW ini mempunyai simpanan mencapai 151.000 dinar. Merujuk harga dinar sebelumnya yang Rp1.844.973, maka harta Utsman itusenilai Rp278.591 miliar.

Jumlah itu tidak termasuk properti di sepanjang wilaayah Aris dan Khaibar dan beberapa sumur yang saat ini nilainya tidak kurang dari Rp440 miliar. Total hartanya jadi sekitar Rp719 miliar. Dengan demikian, nilai sumbangan Utsman saat itu sekitar Rp215,5 miliar!

Ubaidullah bin Utbah menceritakan, ketika terbunuh, UtsmanRAmasih mempunyai harta yang disimpan penjaga gudangnya, yaitu 30,5 juta dirham dan 100.000 dinar. Ini artinya, di gudangnya juga ada harta senilai Rp190 miliar ditambah Rp1,952 triliun.

Sejarah mencatat, pada perang Tabuk tersebut Utsman juga menyumbang 300 ekor unta. Berapa nilai sumbangan unta itu sekarang? Di Indonesia, sapi qurban kelas terbaik harganya tidak kurang dari Rp15 juta. yang pasti, harga unta lebih mahal dibandingkan sapi. Jika harganya dipatok Rp20 juta saja, maka nilai 300 ekor unta tadi sekitar Rp6 miliar.

Menurut versi lain, jumlah total harta Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu tidak kurang dari Rp7,2 triliun. Jika jumlah ini yang kita jadikan patokan, maka sepertiga harta yang disumbangkan saat itu nilainya kini sekitar Rp2,4 triliun. Subhanallah…!

INILAHCOM

Share on FacebookEmail this to someoneShare on LinkedInShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponTweet about this on Twitter

Related Posts:

  • No Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>