Masjid Assalam, Wadah Warga Muslim Beraktivitas di Chile

By in Artikel Muslim on April 15, 2014

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”


Masjid as-salam Chile. ©blogspot.com

Tidak banyak warga Muslim yang dapat ditemukan jika berkunjung ke Santiago, Ibu Kota Negara Chile. Dari sekian banyak jumlah penduduk, hanya 1 persen warga yang beragama Islam.

Para warga Muslim datang ke Santiago sebagai imigran yang berasal dari wilayah bekas Dinasti Ottoman. Selama hampir 200 tahun sejak gelombang imigrasi terjadi pada tahun 1856, Warga Muslim Chile sama sekali tidak memiliki masjid. seperti dikutip dari buku ‘Masjid-Masjid Paling Menakjubkan dan Berpengaruh di Dunia’ halaman 101-104.

Kemudian, mereka membentuk sebuah lembaga nirlaba bernama Sociedad Union Musulmana yang menjadi wadah beraktivitasnya warga Muslim Chile. Melalui lembaga itu pulalah mereka berhasil membangun sebuah masjid di Santiago yang diberi nama As-Salam.

Pembangunan masjid ini sangat membantu warga muslim menjalankan aktivitas keagamaan. Masjid ini pun kemudian berfungsi sebagai sarana pendidikan keagamaan bagi generasi Muslim.

Selain itu, para pengurus masjid juga memiliki program berupa penyaluran daging halal untuk komunitas muslim. Hal ini dijalankan mengingat sulitnya mendapat daging halal jika mengandalkan pasar setempat.

Keberadaan masjid ini ternyata memberikan sumbangsih pada perkembangan masyarakat Chile. Melalui program-program pendidikan yang dicanangkan membuat Islam cukup dikenal di negara yang terletak kawasan Amerika Latin itu.

Sumber

Share on FacebookEmail this to someoneShare on LinkedInShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponTweet about this on Twitter

Related Posts:

  • No Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>