Islam Itu Indah Islam Itu Mudah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”


Ilustrasi.
Image Kredit : Google Images

Islam adalah agama yg mudah dan sesuai dengan fitrah manusia. Islam adalah agama yang tidaklah sulit. Allah SWT menghendaki kemudahan kepada umat manusia dan tdk menghendaki kesusahan kepada umat manusia.

Sebagaimana Allah SWT berfirman :

“.. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu..”

(QS. al-Baqarah: 185)

“.. dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.”

(QS. Al-Hajj: 78)

Agama Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia, baik dalam hal ‘aqidah, syariat, ibadah, muamalah dan lainya. Allah SWT yg telah menciptakan manusia, tidak akan memberikan beban kepad hamba-hamba-Nya apa yg mereka tidak sanggup lakukan.

Allah SWT berfirman;

” Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya..”

(QS. Al-Baqarah: 286)

Tidak ada hal apapun yang sulit dalam Islam. Allah SWT tidak akan membebankan sesuatu yg manusia tidak mampu melaksanakannya.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Seseungguhnya agama (Islam) itu mudah. Tidaklah seseorang mempersulit (berlebih-lebihan) dlm agamanya kecuali akan terkalahkan (tdk dpt melaksanakannya dngn sempurna). Oleh karena itu, berlaku luruslah, sederhana (tdk melampaui batas), dan bergembiralah (karena memperoleh pahala) serta mohonlah pertolongan (kpd Allah) dngn Ibadah pada waktu pagi, petang dan sebagian malam”

(HR. Bukhari no 39, Kitabul Iman bab ‘ Addinu Yusran’, dan an-Nasa’i (VIII/122), dr sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Hanya saja ada sebagian orang yg menganggap Islam itu berat, keras dan sulit.
Anggapan keliru ini muncul karena:

1. Ketidaktahuan tentang Islam. Mereka tdk belajar Al-Quran dan Sunnah yg shahih menurut pemahaman para sahabat, dan tdk mau menuntut ilmu syar’i.

2. Mengikuti Hawa Nafsu. Orang yg mengikuti hawa nafsu menganggap semuanya susah dan berat kecuali yg sesuai dngn hawa nafsunya. Jadi yg mudah dlm pandangan mereka hanyalah yg sesuai dngn nafsu mereka saja.

3. Banyak berbuat dosa dan maksiat, sebab dosa dan maksiat menghalangi seseorang untuk berbuat kebaikan dan selalu mereasa berat untuk melakukannya.

4. Mengikuti agama nenak moyang dan mengikuti pendapat orang banyak.

5. Mengikuti adat istiadat dan kebudayaan.

6. Mengikuti kelompok, mandzhab, dan lainya.

Syariat Islam adalah mudah. Kemudahan syariat Islam berlaku dalam semua hal, baik dalam ushul (hal-hal pokok dan mendasar) maupun furu’ (cabang), baim dlm ‘aqidah, ibadah, akhlak, muamalah, jual beli, pinjam-meminjam, pernikahan, hukuman dan lainnya.

Semua perintah dalam Islam mengandung banyak manfaat. Sebaliknya, semua yg dilarang dalam Islam mengandung banyak kemudharatan.

Maka, kewajiban atas kita untuk sungguh-sungguh memegang teguh syariat Islam dan mengamalkannya. Apabila kita mengikuti al-Quran dan as-Sunnah dan mengamalkannya maka Allah SWT  akan memberikan hidayah (petunjuk) dan kita di mudahkan dlm melaksanakan agama Islam ini.

Wallahu a’lam

Source

 

 

Share on FacebookEmail this to someoneShare on LinkedInShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponTweet about this on Twitter

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>