Mukadimah

bismillah

 Assalamualaikum Wr.Wb.

Puji dan Syukur tak henti kita panjatkan kepada Allah SWT yang tiada henti memberikan nikmat, berkah, dan hidayah-Nya kepada kita semua. Karena nikmat dan hidayah dari Allah SWT berupa keimanan dan keislaman-lah yang membuat kita tetap kokoh berjalan di atas jalan Allah SWT.

Dan nikmat kesehatan dan kesempatan dari Allah pula sehingga hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka melaksanakan salah satu aktivitas yang merupakan kewajiban kita sebagai umat Islam,yakni menuntut ilmu.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, yang diutus oleh Allah SWT ke muka bumi ini sebagai rahmatan lil alamiin, yang telah menggempur kesesatan dan mengibarkan panji-panji kebenaran, serta memperjuangkan islam hingga sampai kepada kita sebagai rahmat yang terbesar dari Allah SWT.

 

Firman Allah SWT :

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. 

(QS AL Imron:18)

 


 Keutamaan Orang yang Menuntut  Ilmu

1. Akan Diangkat Derajatnya Oleh Allah Subahanhu Wata’ala

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Mujadilah :11)

2. Memiliki Rasa Takut Kepada Allah Subhanahu Wata’ala

Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba- Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Ma- ha Pengampun. (QS. Al-Fatir : 28)

3. Dimudahkan ke Surga (Jannah)

Barangsiapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim)

4. Lebih Mulia Dari Ahli Ibadah

Dari abu umaina al balili dia berkata disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam tentang dua orang, salah satu ahli ibadah dan yang lain thalibul ilmi maka bersabda Rasulullah : “Keutamaan orang yang menuntut ilmu di atas ahli ibadah seperti keutamaanku di atas orang yang paling rendah di antara kalian.” (HR, Tirmidzi)

- Wassalam -